for any of you who opened this blog,
I hope this blog useful for all of us.
Although there are still many shortcomings, but the important of this is all of us still HEPI IN HEPI OUT
:D

Sabtu, 04 Mei 2013

MEDIA PEMBELAJARAN WEBQUEST

1.      Pengertian Media Pembelajaran
     Beberapa batasan pengertian media dari beberapa pendapat para ahli dalam Sapir dan Hardinto (2009:141) adalah sebagai berikut :
1) pengertian media menurut Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (AECT) di Amerika adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.
2) Gagne (1970) media adalah berbagai jenis komponen dlam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar.
3) Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajarna seperti ; buku, film, vdeo, dan sebagainya.
4) Bahri (2006) media adalah alat bantu apa saja yang dpat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran.

            Sedangkan Miarso (2007:48) memberikan batasan media pembelajaran sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.
Berdasarkan pengertian diatas, maka peranan media dlam pengajaran menurut Sudjana (2005:6) adalah sebagai a) alat untuk memperjelas bahan pengajaran pada saat guru menyampaikan pelajaran, dalam hal ini media digunakan guru sebagai variasi penjelasan verbal mengenai bahan pengajaran, b) alat untuk mengangkat atau menimbulkan persoalan untuk dikaji lebih lanjut dan dipecahkan oleh para siswa dalam proses belajarnya, paling tidak guru dapat menempatkan media sebagai sumber pertanyaan atau stimulus bagi siswa, dan c) sumber belajar bagi siswa, artinya media tersebut berisikan bahan-bahan yang harus dipelajari para siswa baik individu ataupun kelompok.
Jika guru memanfaatkan berbagai media pembelajaran secara baik, guru dapat berbagi peran dengan media, peran guru lebih terarah sebagai manajer pembelajaran dan bertanggung jawab menciptakan kondisi sedemikian rupa agar siswa dapat belajar, untuk itu guru lebih berfungsi sebagai penasehat, pembimbing, motivator dan fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar.

2.      Webquest
Webquest ini dikembangkan di San Diego State University oleh Bernie Dodge dan Tom march . Menurut Bernie Dodge, Webquest adalah “an inquiry oriented lesson format in which most or all the information that learner work with comes from the web”. Dapat diartikan sebagai perencanan pengajaran yang sebagian besar materi yang disajikan dalam webquest bersumber dari internet dan dapat diakses menggunakan internet pula. Rancangan pembelajaran ini kebanyakan mengaharuskan peserta didik untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas dengan mempresentasikan hasilnya di depan kelas atau menulis laporan. Tugas-tugas ini mencakup pembentukan proyek, video conference multimedia, menggunakan email, database, spreadsheet, serta segudang teknologi yang  lain. Webquest dirancang dengan tujuan menanamkan pada siswa untuk menjalankan pembelajaran di internet dengan tugas yang jelas dalam pikiran, mengambil data dari berbagai sumber, dan meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa.
Bernie Dodge dalam Irafahmi (2010) menyebutkan Webquest ini disusun dengan tujuan sebagai rancangan pembelajaran berbasis internet yang kreatif dan inovatif dalam meningkatkan pembelajaran. Webquest ini adalah salah satu pembaharuan dalam dunia pendidikan yang mampu menghilangkan kejenuhan siswa dalam belajar. Karena siswa akan langsung terhubung dengan jaringan internet. Webquest ini juga menuntut siswa lebih mandiri dalam melaksanakan tugasnya karena setiap siswa diharapkan akan berhadapan sendiri-sendiri dengan media pembelajaran ini.
Selain bermanfaat bagi siswa, rancangan pembelajaran ini juga sangat bermanfaat bagi guru yaitu sebagai masukan melakukan pembelajaran dengan gaya yang berbeda. Dengan rancangan pembelajaran on-line ini juga akan memudahkan akses antara guru dan siswa karena dimanapun akan dapat saling berinteraksi walaupun tanpa tatap muka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar