for any of you who opened this blog,
I hope this blog useful for all of us.
Although there are still many shortcomings, but the important of this is all of us still HEPI IN HEPI OUT
:D

Kamis, 18 April 2013

PENGERTIAN METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN


Metode Pembelajaran Dan Model Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran
     Metode adalah prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran (Al-Ihsan, 2012).
     Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal” (Wina, 2007:144).
     Metode pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran (Nana sudjana, 2005:76).
     Jadi, metode pembelajaran adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan pembelajaran. Misalnya dengan menggunakan metode ceramah, diskusi,dll.

2. Model Pembelajaran
     Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas (Arif, 2012). Penguasaan model pembelajaran akan memperngaruhi keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran.
     Jadi model belajar adalah alternatif yang harus dipilih oleh seorang guru agar pembelajaran efektif dan menyenangkan untuk menumbuhkan minat siswa terhadap pembelajaran di kelas. Misalnya menggunakan model pembelajaran Jigsaw, dll.

SUMBER :
       Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 
Arif, 2012 (online) http://Arifar.blogdetik.com/model-model-pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar