Pemahaman
Tentang Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Dan Ranah Psikomotor.
.
Ranah kognitif
Menurut
Bloom (1956), segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam
ranah kognitif. Kognitif adalah kemampuan intelektual siswa dalam berpikir,
mengetahui dan memecahkan masalah. Ranah kognitif adalah ranah yang berisi
perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual seperti pengetahuan,
pengertian, dan keterampilan berpikir.
Jadi,
dapat disimpulkan bahwa ranah kognitif adalah ranah yang menyangkut pengetahuan
berpikir siswa.
Ranah afektif
Ranah
afektif dipergunakan untuk penampilan khusus yang berkaitan dengan sikap,
perasaan apreasiasi, dan minat (Joesmani, 1988:44).
Ranah
afektif adalah ranah yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek
perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi dan cara penyesuaian diri
(Bloom, 1956)
Sehingga
dapat disimpulkan bahwa ranah afektif adalah suatu kegiatan yang berkaitan
dengan penanaman nilai, perilaku, dan sikap siswa.
Ranah psikomotor
Ranah
psikomotori adalah kegiatan yang mencakup gerak otot (phisik) (Joesmani,
1988:49).
Ranah
psikomotor berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik
seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin (Bloom,
1956).
Jadi
ranah psikomotorik itu menekankan pada kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan
otak dan fisik misalnya bertindak ketika memperoleh pengajaran.
SUMBER:
Bloom, B. S. ed.
et al. 1956. Taxonomy of Educational
Objectives: Handbook 1, Cognitive
Domain. New York: David McKay.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar