for any of you who opened this blog,
I hope this blog useful for all of us.
Although there are still many shortcomings, but the important of this is all of us still HEPI IN HEPI OUT
:D

Selasa, 16 April 2013

RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTOR

      Pemahaman Tentang Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Dan Ranah Psikomotor. 
. Ranah kognitif
Menurut Bloom (1956), segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Kognitif adalah kemampuan intelektual siswa dalam berpikir, mengetahui dan memecahkan masalah. Ranah kognitif adalah ranah yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa ranah kognitif adalah ranah yang menyangkut pengetahuan berpikir siswa.
 Ranah afektif
Ranah afektif dipergunakan untuk penampilan khusus yang berkaitan dengan sikap, perasaan apreasiasi, dan minat (Joesmani, 1988:44).
Ranah afektif adalah ranah yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi dan cara penyesuaian diri (Bloom, 1956)
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ranah afektif adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan penanaman nilai, perilaku, dan sikap siswa.
 Ranah psikomotor
Ranah psikomotori adalah kegiatan yang mencakup gerak otot (phisik) (Joesmani, 1988:49).
Ranah psikomotor berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin (Bloom, 1956).
Jadi ranah psikomotorik itu menekankan pada kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan otak dan fisik misalnya bertindak ketika memperoleh pengajaran.

SUMBER:
Bloom, B. S. ed. et al. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: Handbook 1,    Cognitive Domain. New York: David McKay.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar