RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi Keuangan
Kelas/Semester : XI (Sebelas)/1 (Satu)
Program Keahlian : Akuntansi
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Pertemuan : ke-1
Standar Kompetensi : Mengelola Order Penjualan
Kompetensi
Dasar : 1. Menerima dan memeriksa
order dari pelanggan
2.
Menyiapkan dan mendistribusikan dokumen pengiriman dan
faktur penjualan
A.
Indikator
- Sah tidaknya order dari pelanggan teridentifikasi.
- Nama, tipu, spesifikasi, harga dan kuantitas produk yang dipesan teridentifikasi.
- Term of payment dan tanggal pengiriman teridentifikasi.
- Surat dokumen yang tersedia sebagai pengantar barang yang dikirim.
- Faktur penjualan tersedia.
- Dokumen-dokumen terdistribusikan kepada pihak-pihak terkait.
B.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pembelajaran berkelompok siswa mampu untuk :
1. Siswa
dapat mengidentifikasi sah tidaknya order dari pelanggan dengan benar.
2. Siswa
dapat mengidentifikasi nama, tipu, spesifikasi, harga dan kuantitas produk yang
dipesan dengan benar.
- Siswa dapat mengidentifikasi term of payment dan tanggal pengiriman dengan benar.
4. Siswa
dapat memahami
C.
Materi
Pembelajaran
1. Prosedur
order penjualan
2. Karakteristik
produk
3. Pengertian
term of payment
4. Identifikasi
term of payment
5. Pemahaman
prosedur order penjualan
6. Pemahaman
metode penomoran dokumen dan cara pengisiannya
7. Pemahaman
metode pengarsipan order penjualan dan cara penanganannya
D.
Metode
Pembelajaran
1. Metode
: - Ceramah
- Diskusi
- Penugasan
- Demonstrasi
2. Model : Jigsaw
E.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Ptmn ke-
|
KEGIATAN
|
Nilai Karakter Bangsa
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
|
Kegiatan awal
·
Guru datang tepat waktu
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru mengecek kehadiran siswa
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
·
Dengan metode ceramah guru memberikan gambaran
mengenai materi baru yang akan dibahas pada pertemuan pertama ini
·
Guru memberikan motivasi pada siswa agar
tertarik untuk mempelajari materi lebih lanjut
|
Disiplin, religius, rasa ingin tahu
|
15 menit
|
Tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Guru menjelaskan mengenai prosedur order
penjualan tentang sah tidaknya order dari pelanggan.
·
Guru menjelaskan karakteristik produk
·
Guru menjelaskan term of payment
·
Guru menjelaskan mengenai identifikasi term of
payment
·
Guru memberikan pemahaman tentang prosedur
order penjualan
·
Guru memberikan pemahaman tentang metode
penomoran dokumen dan cara pengisiannya
·
Guru menjelaskan tentang metode pengarsipan
order penjualan dan cara penanganannya
·
Guru membimbing siswa berdiskusi dengan
kelompoknya dalam mempraktikkan materi yang telah disampaikan, dan memberi
kesempatan siswa untuk bertukar pendapat dan bertanya kepada guru jika ada
materi yang kurang dimengerti
|
Kerja keras, demokratis, dan komunikatif.
|
110 menit
|
Tanya jawab, diskusi, ceramah
|
|
3.
|
Kegiatan Penutup
·
Guru membantu siswa secara klasikal membuat
kesimpulan dan memecahkan permasalahan tentang materi yang telah dipelajari
bersama
·
Guru memberi tugas rumah untuk dikerjakan
siswa di rumah
·
Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dan
mengucapkan salam
|
Religius, mandiri, dan tanggung jawab.
|
10 menit
|
Penugasan Tanya jawab, ceramah
|
F.
Alat
/ Bahan / Sumber Pembelajaran
a)
Buku-buku akuntansi yang relevan
b)
Modul Akuntansi Keuangan tentang order
penjualan
c)
Berbagai dokumen dan bukti transaksi dalam
order penjualan
G.
Metode
Penilaian
1. Penilaian
dilakukan dengan menggunakan Aspek
penilaian kognitif, yaitu penilaian terhadap pengetahuan umum yang
disampaikan siswa berdasarkan pengetahuan dan wawasan yang didapat dari hasil
diskusi dan belajar mandiri.
2. Penilaian Afektif dan Psikomotorik
dilaksanakan melalui pengamatan pada saat pembelajaran berlangsung.
Nama siswa
|
Aspek afektif
|
Aspek psikomotorik
|
Jumlah nilai
|
||||||
Ketepatan menjawab
|
Kecepatan menjawab
|
Pemahaman materi
|
keaktifan
|
kerapian
|
Sikap di dlm kelas
|
Tanggung jawab
|
ketegasan
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
-
Aspek
Afektif
1.
Ketepatan menjawab
2.
Kecepatan menjawab
3.
Pemahaman materi
4.
Kerjasama
-
Aspek Psikomotorik
1.
Kerapian
2.
Sikap di dalam kelas
3.
Tanggung jawab
4.
Ketegasan dalam menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh guru
Kriteria Ketuntasan Minimal :
·
Intake
(A)
80
– 100 = 3
60
– 79 = 2
<
60 = 1
·
Kompleksitas
(B) Perolehan skor : Jumlah Skor x
100%
Rendah = 3 Skor Maksimal
Sedang = 2
Tinggi = 1
·
Daya
Pendukung (C)
Tinggi = 3
Sedang = 2
Rendah = 1
Mengetahui, Malang,………………..
Kepala SMK Negeri 1 Malang Guru Pengajar
Suprijana, S.Pd Etza
Wijayanti
*LAMPIRAN
(BERUPA
MATERI)
bagus...saya suka
BalasHapus